BELAJAR PHP LENGKAP UNTUK PEMULA

5MWMedia –  Belajar PHP Lengkap Untuk Pemula. Dalam tutorial ini Anda akan diberikan tahapan-tahapan dalam mempelajari pemograman PHP secara sistematis dari tingkat dasar sampai dengan tingkat lanjut. Selain itu pada tutorial ini akan disajikan dengan metode praktek dengan gambar sehingga programer pemula lebih mudah untuk memahaminya.

Memulai Pemograman PHP

Hypertext Preprocessor (PHP), adalah bahasa pemograman yang digunakan untuk membuat aplikasi berbasis website. Sebagai sebuah aplikasi website harus memiliki sifat yang dinamis dan interaktif. Memiliki sifat dinamis Website dapat merubah tampilan kontennya sesuai dengan kondisi tertentu (contoh : menampilkan isi berita sesuai dengan permintaan pengunjung). Memiliki sifat Interaktif artinya sebuah website dapat memberikan feedback bagi penggunanya. 

Server Untuk PHP

PHP merupakan bahasa pemrograman yang berjenis server-side, yaitu tehnologi webpage yang menerapkan jenis pemrograman web dimana semua syntaks dan perintah program yang diberikan akan dijalankan/diproses  di web server dan kemudian hasilnya akan dikirim ke browser pengguna dalam bentuk HTML biasa.

Intinya untuk menjalankan kode-kode pemrograman dari PHP dibutuhkan suatu piranti lunak yang lebih dikenal yaitu web server.

BELAJAR PHP LENGKAP UNTUK PEMULA
Konfigurasi Dasar Web Server

Disini akan dijelaskan secara singkat beberapa piranti lunak yang digunakan sebagai web server, yaitu:

  1. WAMP Server;
  2. XAMPP

WAMPP

WAMP Server adalah salah satu dari web stack disebut juga dengan software stacks atsau solution stacks, yaitu sekumpulan piranti lunak untuk web development. Sebuah Web Stacks akan mencakup beberapa komponen, seperti Operating System (OS), Web Server, dataBase dan Script Language. Jika semua komponen tersebut digabungkan akan menyediakan semua yang dibutuhkan untuk membangun platform yang komplit, jadi kita tidak perlu lagi menjalankan aplikasi lain untuk menjalankannya.

WAMP (Windows, Apache MySQL dan PHP) merupakan web server berbasis windows. Dalam hal ini WAMP menggunakan Acache sebagai web server dan MySql sebagai pengolah dataBase serta PHP yang mendukung bahasa programing server-side.

XAMPP

XAMPP singkatan dari X (Operating System), Apache (Web Server), MySQL (Data Base), PHP (Bahasa Pemrograman) dan PERL. Sama halnya dengan WAMPP Server,  XAMPP juga merupakan salah satu web stacks atau piranti lunak yang mencakup beberapa komponen yang dugunakan dan dibutuhkan oleh web development. Meskipun kedua web stack tersebut sama-sama dibutuhkan, namun keduanya mempunyai kelebihan dan kekurangan. Perbedaan dari keduanya akan dibahas dalam artikel yang lain.

Instalasi XAMPP

Pada tutorial Belajar PHP Lengkap Untuk Pemula penulis menggunakan XAMPP sebagai piranti lunak web server, karena selain mudah digunakan XAMPP juga mempunyai fitur yang lengkap. Ada banyak versi dari yang dapat kita gunakan, tetapi penulis menggunakan XAMPP Versi 7.3.7.0 yang dapat diunduh disini.

Penulis melakukan instalasi XAMPP di Windows 10, dengan tahapan-tahapan seperti gambar berikut:

Lanjutkan tekan OK…!

Selamat datang di XAMPP Setup Wizard

Tekan Next> untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya.

BELAJAR PHP LENGKAP UNTUK PEMULA
Form Setup Pilihan Komponen XAMPP

Dikarenakan kita membutuhkan semua pilihan, maka hiraukan komponen default tetap terpilih. Lanjutkan tekan Next> untuk melanjutkan.

Tampilan Pilih Folder untuk XAMPP

Default folder yang dipilih XAMPP adalah pada folder C:\xampp, saran penulis pilih folder yang lain misalnya D:\XAMPP untuk menghindari apabila ada kerusakan pada sistem OS Windows yang mengharuskan untuk dilakukan install ulang pada OS Windows yang mengakibatkan semua data yang ada di folder C:\ akan terhapus termasuk data projek PHP kita juga akan ikut terhapus. Tekan Next> untuk melanjutkan….

BELAJAR PHP LENGKAP UNTUK PEMULA
Pilihan Setup Bitnami for XAMPP

Pada tampilan diatas kita diminta untuk juga menginstall BITNAMI untuk XAMPP, untuk tidak menginstalnya bersihkan centang pada Lean more abaout Bitnami fo XAMPP dan lanjutkan tekan Next> untk melanjutkan ke tahap berikutnya.

Instalasi XAMPP siap dilaksanakan

Tekan Next>

Instalasi XAMPP sedang proses

Tunggulah sampai dengan proses instalasi XAMPP selesai dilaksanakan.

Windows Security Alert blocked

Apabila Windows Firewall sekarang dalam keadaan aktif, windows firewall memblokir apache untuk dijalankan. Pilihlah Allow access untuk mengijinkan windows firewall untuk menjalankannya.

BELAJAR PHP LENGKAP UNTUK PEMULA
XAMPP Selesai di install

XAMPP sudah selesai di install dan siap untuk dijalankan. Namun tidak hanya selesai di sini saja masih ada tahapan-tahapan yang perlu dilakukan sehingga XAMPP betul-betul siap digunakan sebagai web server.

Hilangkan centak pada Do you want to start the Control Panel now? dan lanjutkan dengan tekan Finish untuk menutup form instalasi XAMPP.

Menjalankan XAMPP

Pada tutorial Belajar PHP Lengkap Untuk Pemula  diatas telah dijelaskan step by step bagaimana cara menginstalasi XAMP. Untuk kali ini kita akan menjelaskan bagaimana cara menjalankan XAMPP sebagai web server. Meskipun telah selesai di install XAMPP belum bisa digunakan sebagai web server, masih ada tahapan-tahapan lain yang perlu dilakukan.

Untuk tahapan selanjutnya ikuti tutorial berikut :

Bukalah Windows Explorer Anda, masuklah pada folder dimana XAMPP di install disini penulis menggunakan folder C:\XAMPP.

Folder XAMPP di install

Cari file xampp-control.exe dan jalankan…!

XAMPP-control panel setelah dijalankan

Click Apache Start Actions untuk menjalankan Module Apache, tunggu sampai nilai pada PID(s) dan Port(s) menunjukkan nilai. Lanjutkan dengan menjalankan module MySQL dengan menekan Start Actions dan pastikan pula PID(s) dan Port(s) juga terbaca.

BELAJAR PHP LENGKAP UNTUK PEMULA
Tampilan setelah Module Apache dan MySQL dijalankan

Untuk membuktikan bahwa module Apache memang sudah siap digunakan, click actions Admin Apache atau pada halaman browser ketik http:\\localhost, seperti tampak pada gambar dibawah ini.

Informasi XAMPP Apache di tampilkan di browser

Pada gambar diatas sudah dapat dipastikan bahwa XAMPP siap digunakan sebagai web server untuk projek-projek yang akan kita buat.

Script Editor Untuk PHP

Seorang Web Development memerlukan sebuah software untuk dapat menulis kode-kode atau script PHP yang dibuatnya. Banyak Teks Editor atau Script Editor yang dapat digunakan, seperti Teks Editor Notepad bawaan Microsoft. Karena pada dasarnya PHP tidak memerlukan Teks Editor khusus untuk menulis kode-kode pemograman dalam PHP.

Dalam hal ini Penulis menggunakan Visual Studio Code sebagai script editor. Visual Studio Code dapat diunduh disini.

Membuat Folder Untuk Project PHP

XAMPP akan menjalankan dan menyimpan semua script PHP yang kita buat di folder C:\XAMPP\htrdocs sebagai folder defaultnya. Agar Proses Belajar PHP Lengkap Untuk Pemula dapat berjalan dengan baik, sebaiknya kita membuat folder tersendiri untuk menyimpan script-script pemograman PHP dalam folder yang kita buat. Penulis membuat folder C:\xampp\htdocs\BelajarPHP.

BELAJAR PHP LENGKAP UNTUK PEMULA
Folder ini yang akan kita gunakan untuk menyimpan kode-kode projek pemograman PHP

Bagian pertama dari tutorial Belajar PHP Lengkap untuk Pemula, yaitu Pengenalan PHP, Server untuk PHP, Script Editor dan membuat folder untuk PHP sudah bisa dipahami dengan mudah.

Pada Tutorial berikutnya Penulis akan menjelaskan tentang Menulis Kode Pemrograman PHP. Mudah-mudahan tutorial diatas membantu para web developer pemula yang baru belajar. (Arief-5MWMedia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *