KEUNTUNGAN DRONE UNTUK INDUSTRI PERTANIAN

5MWMediaKeuntungan Drone Untuk Industri Pertanian untuk produsen pertanian harus merangkul strategi revolusioner untuk menghasilkan makanan, meningkatkan produktivitas, dan menjadikan keberlanjutan sebagai prioritas. Drone adalah bagian dari solusi, bersama dengan kolaborasi yang lebih erat antara pemerintah, pemimpin teknologi, dan industri.

Kondisi sektor teknologi pertanian indonesia

Keuntungan Drone Untuk Industri Pertanian – masih banyak yang belum mengetahuinya. Saat ini Indonesia masih berusaha dalam meningkatkan produktivitas sektor pertaniannya, terutama tanaman pangan. Hal ini dilakukan untuk mendukung swasembada pangan berkelanjutan yang dilakukan melalui peningkatan produksi beras nasional. Peningkatan jumlah penduduk menuntut sektor pertanian untuk terus lebih produktif dalam mencukupi kebutuhan pangan. Pada tahun 2017 produksi padi nasional mengalami pertumbuhan 2,56% dibanding tahun sebelumnya. Produksi jagung juga meningkat 18,55%. Peningkatan ini bisa terjadi karena terus dikembangkannya sistem irigasi untuk sawah-sawah yang ada sehingga tidak lagi menjadi sawah tadah hujan. Dari data terakhir presentase luas lahan sawah irigasi sudah mencapai 58,41% atau sekitar 4,78 juta hektar dan sisanya masih berupa sawah non irigasi.

Keuntungan Drone Untuk Industri Pertanian – Pada tahun 2017 ini Indonesia sudah berhasil menghentikan impor beberapa komoditas pangan untuk memenuhi kebutuhan nasional. Komoditas beras, cabai, dan bawang merah saat ini sudah tidak tergantung pada impor lagi. Pada tahun 2019 Indonesia juga berencana akan swasembada bawang putih dan gula konsumsi. Namun masih pada tahun ini ada beberapa komoditas yang mengalami banyak penurunan produksinya, seperti kedelai yang mengalami penurunan produksi 36,9% dan kacang tanah sebesar 15,8%. Hal ini menunjukkan masih kurangnya pemerataan upaya untuk meningkatkan produktivitas semua komoditas pertanian.

Pengaruh drone dalam pertanian milenial

Drone atau pesawat tanpa awak mulai diaplikasikan untuk dunia pertanian. drone digunakan terutama untuk pertanian dengan lahan skala luas. Seperti lahan padi, jagung dan perkebunan anggur. Keterbatasan mata manusia untuk mengawasi hamparan luas, dapat diatasi dengan menggunakan drone pertaniann yang dapat menangkap citra dari atas dan memberikan informasi penting mengenai kondisi tanaman dan lingkungan disekitarnya bahkan secara live.

Keuntungan Drone Untuk Industri Pertanian dapat memantau areal pertanian dalam skala luas dengan lebih akurat dan lebih jelas dibandingkan foto citra satelit. Keakuratan citra bisa disesuaikan berdasarkan kebutuhan dan tingkat kecanggihan alat. Semakin canggih kamera memungkinkan citra atau gambar yang didapat bisa lebih akurat dan jernih fungsi penting drone agriculture dalam sektor pertanian yaitu:

1. Analisis tanah dan lapangan:

Drone dapat menjadi instrumen pada awal siklus panen. Mereka menghasilkan peta 3-D yang tepat untuk analisis tanah awal, berguna dalam merencanakan pola penanaman benih. Setelah penanaman, analisis tanah yang digerakkan oleh drone menyediakan data untuk irigasi dan manajemen tingkat nitrogen.

2. Penanaman:

Startup telah menciptakan sistem penanaman drone yang mencapai tingkat penyerapan 75 persen dan mengurangi biaya penanaman hingga 85 persen. Sistem ini menembak polong dengan biji dan nutrisi tanaman ke dalam tanah, memberikan tanaman semua nutrisi yang diperlukan untuk mempertahankan kehidupan.

3. Penyemprotan tanaman

Peralatan pengukur jarak, gema dan laser ultrasonik seperti yang digunakan dalam metode pendeteksian cahaya dan jarak, atau LiDAR, memungkinkan drone untuk menyesuaikan ketinggian karena topografi dan geografi berbeda-beda, dan dengan demikian menghindari tabrakan. Akibatnya, drone dapat memindai tanah dan menyemprotkan jumlah cairan yang benar, memodulasi jarak dari tanah dan menyemprotkan secara real time untuk cakupan yang merata.

Hasilnya peningkatan efisiensi dengan pengurangan jumlah bahan kimia yang menembus ke air tanah. Bahkan, para ahli memperkirakan bahwa penyemprotan udara dapat diselesaikan hingga lima kali lebih cepat dengan drone daripada dengan mesin tradisional.

4. Pemantauan tanaman

Lahan luas dan efisiensi rendah dalam pemantauan tanaman bersama-sama menciptakan hambatan terbesar bagi pertanian. Tantangan pemantauan diperparah oleh kondisi cuaca yang semakin tidak terduga, yang mendorong risiko dan biaya pemeliharaan lapangan. Sebelumnya, citra satelit menawarkan bentuk pemantauan paling canggih. Tapi ada kekurangannya. Gambar harus dipesan terlebih dahulu, hanya bisa diambil sekali sehari, dan tidak tepat. Selain itu, layanan sangat mahal dan kualitas gambar biasanya buruk pada hari-hari tertentu. Hari ini, animasi time-series dapat menunjukkan perkembangan tanaman yang tepat dan mengungkapkan ketidakefisienan produksi, memungkinkan pengelolaan tanaman yang lebih baik.

5. Irigasi

Drone dengan sensor hiperspektral, multispektral, atau termal dapat mengidentifikasi bagian mana dari bidang yang kering atau perlu perbaikan. Selain itu, setelah tanaman tumbuh, drone memungkinkan perhitungan indeks vegetasi, yang menggambarkan kepadatan relatif dan kesehatan tanaman, dan menunjukkan tanda tangan panas, jumlah energi atau panas yang dipancarkan tanaman.

5. Penilaian kesehatan

Sangat penting untuk menilai kesehatan tanaman dan menemukan infeksi bakteri atau jamur pada pohon. Dengan memindai tanaman menggunakan cahaya tampak dan inframerah-dekat, perangkat drone dapat mengidentifikasi tanaman mana yang memantulkan jumlah lampu hijau dan NIR yang berbeda. Informasi ini dapat menghasilkan gambar multispektral yang melacak perubahan pada tanaman dan menunjukkan kesehatannya. Respons cepat dapat menyelamatkan seluruh kebun. Selain itu, segera setelah penyakit ditemukan, petani dapat menerapkan dan memantau pengobatan lebih tepat. Dua kemungkinan ini meningkatkan kemampuan tanaman untuk mengatasi penyakit. Dan dalam kasus gagal panen, petani akan dapat mendokumentasikan kerugian lebih efisien untuk klaim asuransi.

Kesimpulan

Keuntungan Drone Untuk Industri Pertanian – Teknologi Drone untuk pertanian indonesia sudah berkembang dalam sektor pertanian modern di indonesia dalam pekerjaan penyemprotan lahan pertanian hingga inspeksi kesehatan tanaman skala besar dalam hal ini fulldronesolutions menyediakan jasa hingga produk untuk menunjang pertanian modern indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *