PERUT KOSONG JANGAN MINUM INI!

5MWMediaPerut Kosong Jangan Minum Ini! Apa saja dan mengapa kalo kita mememinumnya. Sebagai manusia urban yang sibuk, terkadang kita memiliki pola makan yang tidak teratur. Ada kalanya kita melewatkan jam sarapan, makan siang dan bahkan tidak makan seharian dengan alasan sibuk karena tajut akan ketinggalan pekerjaan kalau harus memasak yang akibatnya, tentu saja perut kita akan menjadi kosong.

Akibat kalau perut kosong

Perut Kosong Jangan Minum Ini! – Selama ini kita memang sudah terbiasa makan atau minum dalam keadaan perut kosong, apalagi saat pagi hari saat sarapan, di mana selama semalam kita memang tidak makan dan minum apa pun selama tidur. Tapi tidak banyak yang mempertanyakan bagaimana jika kita makan dalam porsi besar sekaligus dalam keadaan perut kosong, apakah itu berbahaya atau buruk untuk kesehatan?

Faktanya, dalam keadaan kita sangat lapar dan perut kosong, kadar gula darah akan menurun drastis. Karena tubuh memiliki insting untuk menjaga diri sendiri, ia kemudian fokus untuk bisa mendapatkan makanan apa saja, termasuk yang tinggi kalori dan rendah gizi. Inilah yang kemudian membuatmu punya keinginan makan dan ngemil makanan tidak sehat. Berikut akibat yang ditimbulkan apabila perut kita kosong:

Mudah lelah:

Perut kosong jangan minum ini!

Menurut Evelyn Tribole, penulis buku Eating on the Run, pasokan glukosa pada otak menjadi terganggu dalam waktu 4-6 jam sejak jam makan terakhir. Saat pasokan level glukosa rendah, berarti tubuh jadi kurang efisien untuk menjalankan fungsi normalnya.

Metabolisme melambat;

Metabolisme tubuh akan terus berjalan meskipun jila Anda sedang dalam kondisi beristirahat. Fungsinya untuk membakar kalori dan mengubahnya menjadi energi. Tingkat metabolisme tubuh ini ditunjang oleh asupan kalori. Itu sebabkan Anda mengonsumsi kalori dengan jumlah cukup untuk menunjang proses pembakaran energi.

Sindrom iritasi usus (irritable bowel syndrome):

Makan teratur memiliki banyak manfaat untuk fisik dan juga pencernaan. Tapi, Banyak orang kerap menunda bahkan melewatkan waktu makan karena berpikiran hal tersebut bisa jadi jalan menurunkan berat badan. Padahal, hal ini justru  menyebabkan gangguan sistem pencernaan seperti irritable bowel syndrome yang mengacu pada kumpulan gejala kronis distress lambung, termasuk kram perut dan nyeri, sembelit atau diare, serta kembung. Penyakit ini bisa disebabkan akibat adanya iritasi pada usus yang disebabkan karena pola makan yang salah.

Tukak lambung atau radang lambung

Perut Kosong Jangan Minum Ini!

Selain perut kram, penyakit berbahaya lain yang bisa muncul jika Anda sering telat makan adalah tukak lambung atau peradangan pada lambung. Dalam kasus ini, lambung terluka atau mengalami iritasi yang ditimbulkan oleh cairan lambung pada mukosa lambung. Gejala yang terjadi, umumnya Anda akan mengalami nyeri hebat yang menjalar hingga ke ulu hati setelah makan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *